Apa itu Pijar ?
Pijar merupakan layanan ekosistem edukasi di Indonesia secara end-to-end dengan menyediakan platform pembelajaran berbasis digital sehingga tercipta SDM unggul yang kompeten, inovatif, dan siap kerja.
Apa saja layanan Pijar ?
- Pijar Sekolah
Pijar Sekolah merupakan platform edukasi digital yang mengadaptasi teknologi edge computing sehingga cocok digunakan untuk sekolah-sekolah di semua daerah di Indonesia, termasuk daerah 3T.
Untuk mengetahui lebih lanjut terkait produk ini, klik disini.
Siapa saja pengguna Pijar?
Semua pemangku kepentingan dalam jenjang pendidikan K-12, higher education hingga tingkat professional. Dari pelajar, guru, sekolah, mahasiswa, kampus, maupun pegawai dapat menggunakan layanan Pijar yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing.
Apa saja keunggulan Pijar?
1. Merupakan solusi untuk end-to-end proses pendidikan
2. Menggunakan teknologi Artificial Intelligence serta terintegrasi dengan sistem Big Data
3. Mengadaptasi teknologi edge computing sehingga cocok digunakan di seluruh daerah di Indonesia.
Bagaimana cara berlangganan Pijar?
Untuk info lebih lanjut silahkan mengirimkan email ke alamat support@pijarsekolah.id atau whatsapp di nomor 0812-9291-0020 (chat only).
Bagaimana cara admin instal Aplikasi Ujian?
-
Download Aplikasi Ujian melalui link yang di terima melalui email Anda saat registrasi. Bisa juga dengan mengunduh melalui:
unduh.pijarsekolah.id
- Klik tulisan CMS kemudian klik aplikasi_ujian.zip dan Simpan
- Buka file di folder yang anda simpan, extract file zip dan tunggu hingga prosesnya selesai.
- Buka folder, kemudian Klik Kanan pilih Run as Administrator pilih Yes untuk konfirmasi instal program.
- Klik tombol next sampai selesai dan kemudian klik tombol Finish untuk menyelesaikan proses instalasi Aplikasi Ujian.
- Kemudian Aplikasi Ujian akan muncul di desktop komputer Anda, Klik untuk membuka aplikasi dan proses selanjutnya.
- Seting server Aplikasi Ujian anda dengan domain yang anda dapatkan dari email kemudian klik Simpan
- Apabila berhasil terhubung, Aplikasi Ujian sudah bisa digunakan. Login menggunakan username dan password admin. Untuk guru yang akan membuat soal tugas login menggunakan email dan tanggal lahir dengan format ddmmyy sesuai data guru yang di isi oleh admin sekolah.
Bagaimana cara Guru dan Admin mengunggah soal tugas/ujian untuk siswa?
- Membuat tugas/ujian menggunakan Ms.Word. Buka aplikasi Microsoft Word di komputer/laptop Anda.
- Untuk pertama kali ubah pengaturan Ms. Word Anda telebih dahulu. Klik File pada tool bar.
- Klik Option
- Kemudian pilih Advanced
- Scrol kebawah untuk mencari menu General.
- Klik tombol Web Option
- Buat soal menggunakan format yang sudah ditentukan:
a. Jenis Pilihan Ganda
b. Jenis Esai
Admin Sekolah Masukan Data (Siswa, Guru, dan Kelas)
1. Akses portal Pijar Sekolah Anda menggunakan browser Google Chrome, Mozila Firefox, dan sejenis nya.
Ex: sekolah_anda.pijarsekolah.id
2. Pilih Login sebagai Sekolah
3. Login menggunakan username dan password admin yang dikirim oleh tim support Pijar Sekolah melalui email Anda, kemudian klik tombol “Masuk”
4. Maka akan tampil pada halaman dashboard admin sekolah
5. Pilih menu Data Siswa kemudian klik Profil Siswa untuk input data siswa
6. Kemudian klik tombol Tambah Data
7. Kemudian akan muncul pop up halaman Upload Data.
- Input Data: Memasukan data siswa secara manual (satu persatu)
- Upload Data: Memasukan data siswa yang sudah tersedia pada Ms. Excel (Anda bisa memindahkan data Dapodik dengan format excel Pijar Sekolah)
Kita pilih Upload Data untuk mengupload data dengan Excel. Sebelumnya, download format exel Pijar Sekolah terlebih dahulu untuk melakukan upload data dengan mengunggah data menggunakan excel
8. Simpan format
9. Pindahkan data siswa sekolah kedalam format Excel Pijar Sekolah
10. Upload file excel data siswa yang sudah dibuat dengan klik tombol Upload Data
11. Tunggu beberapa saat dan data siswa berhasil di unggah
12. Ulangi langkah 6 sampai 11 untuk mengunggah Data Guru dan Data Kelas
Admin Sekolah Setup Data Sekolah Pada Aplikasi Ujian
1. Klik pojok kanan atas yang di tandai nomor 1, pilih “ganti server” untuk mengisi data sesuai sekolah anda, lalu simpan. Kemudian akan muncul notif “berhasil terhubung ke server sekolah”
2. Berikutnya admin melakukan login mengisi “Email dan Password”. Isi email default admin sekolah dengan proktor dan password proktor.
3. Setelah login berhasil maka, masuk ke halaman dashboard aplikasi ujian
4. Berikutnya lengkapi sesuai Biodata Sekolah dan pilih logo sekolah, jika sudah klik Simpan Data Sekolah.
5. Berikutnya klik Daftar Pelajaran dan Tambah Pelajaran
Lengkapi data jika sudah klik tombol Simpan
Berikut tampilan daftar pelajaran yang sudah berhasil di input.
6. Berikutnya klik menu Daftar Jenis Exam/Ujian kemudian klik tombol Tambah Jenis Ujian
7. Lengkapi Daftar Jenis Exam/Ujian yang anda ingin buat jika sudah klik Simpan
8. Berikut tampilan jika sudah melengkapi Daftar Jenis Exam/Ujian
9. Berikutnya klik Daftar Ruangan dan Tambah Ruangan
10. Lengkapi Data Ruangan sekolah anda jika sudah klik Simpan
11. Berikut tampilan daftar ruangan yang berhasil di input
12. Berikutnya klik Daftar Guru/Proktor dan klik icon Edit
13. Lengkapi data Spesialisasi Pelajaran dan Hak Akses Kelas guru. Jika sudah klik Simpan
14. Berikut tampilan daftar guru yang berhasil sudah ditentukan akses
Guru Membuat Kelas Online/Virtual & Absen Siswa
1. Langkah pertama guru mengakses portal Pijar Sekolah anda menggunakan web browser seperti google chrome.
Ex: sekolah_anda.pijarsekolah.id dan klik Sekolah
2. Guru login menggunakan Username (email) dan Password (tanggal lahir dengan format dd-mm-yy)
3. Saat guru berhasil login akan otomatis muncul notif untuk melakukan “Absen dulu yuk” klik tombol “Absen”
4. Berikutnya ada keterangan klik bagian “Absen”
5. Klik OK dan guru sudah berhasil melakukan absen
6. Kemudian tampil halaman Beranda dashboard guru
7. Berikutnya klik bagian Kelas Virtual, terdapat panduan cara penggunaan dan klik tombol Buat Jadwal
8. Ini adalah tampilan untuk membuat kelas virtual, lengkapi semua data dan cara untuk pengisian Kelas Virtual
9. Langkah 1 pengisian “Kelas Virtual” tentukan link video konferensi yang akan digunakan. Sekolah bisa menggunakan platform video converence manapun, seperti Zoom, Google Meet, Umeet Me dan lain sebagainya. Dalam contoh ini, menggunakan platform video converence Umeet Me. cara membuat kelas:
- Kunjungi di browser anda conf.umeetme.id
- Isi nama kelas yang akan digunakan. Contoh: IX.IPA-A
- Jika sudah klik Create
10. Jika sudah masuk link “https://conf.umeetme.id/IX.IPA-A” ruangan/kelas yang sudah anda buat
11. Copy link yang sudah anda buat di https://conf.umeetme.id/IX.IPA-A. Masuk ke menu Kelas Virtual pada halaman dashboard guru, kemudian tempel (paste) kolom Kelas Virtual. Anda juga bisa menambahkan password. Jika sudah anda klik Buat Jadwal
12. Akan muncul notif lanjut klik Buat Jadwal
13. Akan muncul notif lanjut klik Lihat Jadwal
14. Berikutnya hasil pelaksanaan pembelajaran kelas virtual menggunakan video konferensi yang dibuat oleh guru
15. Klik bagian aksi “Masuk” nanti akan terhubung otomatis ke kelas virtual yang sudah dibuat menggunakan UMeetMe
16. Berikut ini tampilan kelas virtual untuk “Guru” menggunakan UMeetMe & menunggu para siswa masuk kelas virtual
17. Berikutnya siswa masuk kehalaman portal/website klik bagian “Siswa”
18. Berikutnya siswa melakukan login menggunakan NISN “Username” dan “Password”
19. Siswa berhasil login masuk ke halaman dashboard siswa
20. Berikut ini tampilan siswa sebelum bergabung, klik “masuk” untuk bergabung dengan kelas virtual.
21. Jika sudah berhasil bergabung akan muncul tampilan kelas virtual dari siswa seperti di bawah ini.
22. Dan ini tampilan dari sisi guru saat mengajar kelas virtual
23. Berikutnya guru klik “Report Absensi” pilih “Absensi Siswa” silahkan pilih kelas dan tanggal, kemudian klik “cari”
24. Guru mulai mengabsen siswa. Terdapat beberapa pilihan seperti “Hadir, izin, sakit, dan alpha”.
Tutorial Cara Mudah Aktivasi Email Siswa
sedang coba test
Bagaimana cara Saya mendapatkan Faktur Pajak?
Anda bisa mendapatkan Faktur Pajak dengan cara mengisi form NPWP ketika melakukan transaksi pembelian Pijar Sekolah. Pastikan data NPWP (Nama, No. NPWP, dan Alamat) yang Anda inputkan benar sesuai dengan NPWP yang terdaftar.
Bagaimana kalau Saya salah input data NPWP?
Jika Faktur Pajak Anda tidak kunjung terbit, silakan hubungi tim Pijar Sekolah, melalui Chat website Pijar Sekolah, WhatsApp/Telegram : 081292910020, atau Email : support@pijarsekolah.id.
Apakah Faktur Pajak mempengaruhi kualitas layanan Pijar Sekolah yg diberikan?
Tidak. Faktur Pajak bersifat optional, jadi bisa disesuaikan dengan kebutuhan sekolah, apakah diperlukan atau tidak.
Apakah Faktur Pajak bisa Saya susulkan kemudian/ backdate?
Tidak bisa. Untuk itu, bagi pelanggan yang membutuhkan Faktur Pajak, diharapkan untuk mengisi form NPWP pada saat melakukan transaksi pembelian Pijar Sekolah.