Email telah dikirim!

Untuk melanjutkan perubahan email silahkan cek email Anda untuk Verifikasi email baru Anda.

Email Baru telah diverifikasi.

Silahkan Login menggunakan Email Baru Anda.

landing page
Informasi Login Demo
ADMIN
Username : sekolahdemopijar@gmail.com
Password : sekolahdemo

GURU
Username : guru1@gmail.com
Password : gurudemo

SISWA
Username : 30170521
Password : siswademo

Terima kasih sudah melakukan permintaan demo,
silahkan klik tombol dibawah ini untuk memulai demo

MULAI SEKARANG

Unggah Berkas

Silahkan unggah berkas syarat dan ketentuan
berlangganan yang sudah ditandatangani disini

Format berkas: .doc, .docx, .pdf

Seret dan lepas berkas disini
Atau

Klik disini untuk memilih berkas
Menu Close
Frequently Asked Questions

Bagaimana cara admin instal Aplikasi Ujian?

  1. Download Aplikasi Ujian melalui link yang di terima melalui email Anda saat registrasi. Bisa juga dengan mengunduh melalui:

    unduh.pijarsekolah.id

  2. Klik tulisan CMS kemudian klik aplikasi_ujian.zip dan Simpan
  3. Buka file di folder yang anda simpan, extract file zip dan tunggu hingga prosesnya selesai.
  4. Buka folder, kemudian Klik Kanan pilih Run as Administrator pilih Yes untuk konfirmasi instal program.

  5. Klik tombol next sampai selesai dan kemudian klik tombol Finish untuk menyelesaikan proses instalasi Aplikasi Ujian.
  6. Kemudian Aplikasi Ujian akan muncul di desktop komputer Anda, Klik untuk membuka aplikasi dan proses selanjutnya.
  7. Seting server Aplikasi Ujian anda dengan domain yang anda dapatkan dari email kemudian klik Simpan
  8. Apabila berhasil terhubung, Aplikasi Ujian sudah bisa digunakan. Login menggunakan username dan password admin. Untuk guru yang akan membuat soal tugas login menggunakan email dan tanggal lahir dengan format ddmmyy sesuai data guru yang di isi oleh admin sekolah.

Admin Sekolah Masukan Data (Siswa, Guru, dan Kelas)

1. Akses portal Pijar Sekolah Anda menggunakan browser Google Chrome, Mozila Firefox, dan sejenis nya.

Ex: sekolah_anda.pijarsekolah.id

2. Pilih Login sebagai Sekolah

3. Login menggunakan username dan password admin yang dikirim oleh tim support Pijar Sekolah melalui email Anda, kemudian klik tombol “Masuk”

4. Maka akan tampil pada halaman dashboard admin sekolah

5. Pilih menu Data Siswa kemudian klik Profil Siswa untuk input data siswa

6. Kemudian klik tombol Tambah Data

7. Kemudian akan muncul pop up halaman Upload Data.

  • Input Data: Memasukan data siswa secara manual (satu persatu)
  • Upload Data: Memasukan data siswa yang sudah tersedia pada Ms. Excel (Anda bisa memindahkan data Dapodik dengan format excel Pijar Sekolah)

Kita pilih Upload Data untuk mengupload data dengan Excel. Sebelumnya, download format exel Pijar Sekolah terlebih dahulu untuk melakukan upload data dengan mengunggah data menggunakan excel

8. Simpan format

9. Pindahkan data siswa sekolah kedalam format Excel Pijar Sekolah

10. Upload file excel data siswa yang sudah dibuat dengan klik tombol Upload Data

11. Tunggu beberapa saat dan data siswa berhasil di unggah

12. Ulangi langkah 6 sampai 11 untuk mengunggah Data Guru dan Data Kelas

Admin Sekolah Setup Data Sekolah Pada Aplikasi Ujian

1. Klik pojok kanan atas yang di tandai nomor 1, pilih “ganti server” untuk mengisi data sesuai sekolah anda, lalu simpan. Kemudian akan muncul notif “berhasil terhubung ke server sekolah”

2. Berikutnya admin melakukan login mengisi “Email dan Password”. Isi email default admin sekolah dengan proktor dan password proktor.

3. Setelah login berhasil maka, masuk ke halaman dashboard aplikasi ujian

4. Berikutnya lengkapi sesuai Biodata Sekolah dan pilih logo sekolah, jika sudah klik Simpan Data Sekolah.

5. Berikutnya klik Daftar Pelajaran dan Tambah Pelajaran

Lengkapi data jika sudah klik tombol Simpan

Berikut tampilan daftar pelajaran yang sudah berhasil di input.

6. Berikutnya klik menu Daftar Jenis Exam/Ujian kemudian klik tombol Tambah Jenis Ujian

7. Lengkapi Daftar Jenis Exam/Ujian yang anda ingin buat jika sudah klik Simpan

8. Berikut tampilan jika sudah melengkapi Daftar Jenis Exam/Ujian

9. Berikutnya klik Daftar Ruangan dan Tambah Ruangan

10. Lengkapi Data Ruangan sekolah anda jika sudah klik Simpan

11. Berikut tampilan daftar ruangan yang berhasil di input

12. Berikutnya klik Daftar Guru/Proktor dan klik icon Edit

13. Lengkapi data Spesialisasi Pelajaran dan Hak Akses Kelas guru. Jika sudah klik Simpan

14. Berikut tampilan daftar guru yang berhasil sudah ditentukan akses

Guru Membuat Kelas Online/Virtual & Absen Siswa

1. Langkah pertama guru mengakses portal Pijar Sekolah anda menggunakan web browser seperti google chrome.

Ex: sekolah_anda.pijarsekolah.id dan klik Sekolah

2. Guru login menggunakan Username (email) dan Password (tanggal lahir dengan format dd-mm-yy)

3. Saat guru berhasil login akan otomatis muncul notif untuk melakukan “Absen dulu yuk” klik tombol “Absen”

4. Berikutnya ada keterangan klik bagian “Absen”

5. Klik OK dan guru sudah berhasil melakukan absen

6. Kemudian tampil halaman Beranda dashboard guru

7. Berikutnya klik bagian Kelas Virtual, terdapat panduan cara penggunaan dan klik tombol Buat Jadwal

8. Ini adalah tampilan untuk membuat kelas virtual, lengkapi semua data dan cara untuk pengisian Kelas Virtual

9. Langkah 1 pengisian “Kelas Virtual” tentukan link video konferensi yang akan digunakan. Sekolah bisa menggunakan platform video converence manapun, seperti Zoom, Google Meet, Umeet Me dan lain sebagainya. Dalam contoh ini, menggunakan platform video converence Umeet Me. cara membuat kelas:

  • Kunjungi di browser anda conf.umeetme.id
  • Isi nama kelas yang akan digunakan. Contoh: IX.IPA-A
  • Jika sudah klik Create

10. Jika sudah masuk link “https://conf.umeetme.id/IX.IPA-A” ruangan/kelas yang sudah anda buat

11. Copy link yang sudah anda buat di https://conf.umeetme.id/IX.IPA-A. Masuk ke menu Kelas Virtual pada halaman dashboard guru, kemudian tempel (paste) kolom Kelas Virtual. Anda juga bisa menambahkan password. Jika sudah anda klik Buat Jadwal

12. Akan muncul notif lanjut klik Buat Jadwal

13. Akan muncul notif lanjut klik Lihat Jadwal

14. Berikutnya hasil pelaksanaan pembelajaran kelas virtual menggunakan video konferensi yang dibuat oleh guru

15. Klik bagian aksi “Masuk” nanti akan terhubung otomatis ke kelas virtual yang sudah dibuat menggunakan UMeetMe

16. Berikut ini tampilan kelas virtual untuk “Guru” menggunakan UMeetMe & menunggu para siswa masuk kelas virtual

17. Berikutnya siswa masuk kehalaman portal/website klik bagian “Siswa”

18. Berikutnya siswa melakukan login menggunakan NISN “Username” dan “Password”

19. Siswa berhasil login masuk ke halaman dashboard siswa

20. Berikut ini tampilan siswa sebelum bergabung, klik “masuk” untuk bergabung dengan kelas virtual.

21. Jika sudah berhasil bergabung akan muncul tampilan kelas virtual dari siswa seperti di bawah ini.

22. Dan ini tampilan dari sisi guru saat mengajar kelas virtual

23. Berikutnya guru klik “Report Absensi” pilih “Absensi Siswa” silahkan pilih kelas dan tanggal, kemudian klik “cari”

24. Guru mulai mengabsen siswa. Terdapat beberapa pilihan seperti “Hadir, izin, sakit, dan alpha”.